Senin, 20 Februari 2012

Cara mencegah jerawat dan mengenal penyebab jerawat

Penyebab jerawat yang kita kenal mungkin berlawanan hal-hal berikut, seperti jerawat tidak disebabkan oleh kulit kotor, makan cokelat  atau banyak minum soda. Penyebab Jerawat adalah adanya kelenjar minyak yang terlalu aktif di kulit dan akumulasi minyak, sel-sel kulit mati  dan bakteri  yang menyebabkan peradangan di pori-pori.

Kelenjar minyak pada wajah akan menjadi lebih porsinya ketika hormon menjadi lebih aktif pada masa pubertas dan inilah mengapa orang berjerawat pada masa pubertas. Kecendrungan timbulnya jerawat juga berpengaruh pada genetik, jika dalam anggota keluarga anda memiliki jerawat ataupun punya potensi berjerawat. Mungkin kita juga punya potensi untuk timbulnya jerawat.
Walaupun sekarang tidak ada cara jitu dalam mencegah jerawat, tetapi cobalah tips-tips berikut ini untuk membantu mengurangi jumlah dan tingkat keparahan jerawat, berikut langkah-langkah mencegah jerawat :
  1. Mencuci kulit wajah anda secara rutin (itu membantu menghilangkan kelebihan minyak permukaan dan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori Anda.
  2. Cucilah wajah setelah berolahraga atau setelah bekerja yang mengeluarkan keringat karena keringat dapat menyumbat pori-pori dan membuat jerawat Anda lebih parah. Segeralah cuci wajah anda jika anda bekerja ditempat panas atau yang ada hubungan dengan minyak
  3. Jika Anda menggunakan produk perawatan kulit wajah  seperti lotion atau makeup maka cari produk yang noncomedogenic ataunonacnegenic, yang berarti bahwa sisa dari produk perawatan kulit itu tidak menyumbat pori-pori.
  4. Minum 8 gelas air sehari. Mengkonsumsi air yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat tidak berguna yang ada di tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat.
  5. Makan makanan bergizi.
Bagaimana perawatannya ?
Bagaimana dengan jerawat yang sudah ada ? sebagian orang mungkin seringgemes sehingga menggoda untuk di pijit atau di pencet, Ini bukanlah hal terbaik.
Memijit jerawat  sebenarnya dapat mendorong wajah menjadi infeksi dan akan bernanah serta  dapat menyebabkan pembengkakan atau  kemerahan dan bahkan bekas lukanya dapat permanen.
Makan makanan bergizi dapat membantu Anda tetap sehat dan kulit Anda akan mendapatkan nutrisi dari konsumsi  vitamin dan mineral. Bagaimana dengan pengalaman sobat ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP PKM Tematik kelas 4 SD (Tema 7 Subtema 1 Pemb1)

RENCANA P ELAKSANAAN PEMBELAJARAN SATUAN PENDIDIKAN          : SDN CURAHPOH 2 KELAS/SEMESTER                  :   IV/2   T...